Zodiak dan Manipulasi Psikologis

Bisa dikatakan bahwa saya bukanlah orang yang percaya dengan zodiak, ya rasanya tidak masuk akal saja menurut saya. Disamping itu menurut saya ramalan zodiak juga tidak ilmiah, karena tentu tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Sama seperti kita percaya dengan penentuan bakat melalu sidik jari, kalau menurut dosen saya dahulu hal tersebut juga tidak ilmiah. Bagaimana caranya kita bisa mengatahui bakat seseorang hanya dari sidik jari sedangkan para psikolog sudah capek dan butuh waktu lama membuat suatu alat tes untuk melakukan tes bakat atas bakat yang dimiliki oleh manusia.

Seringnya jika kita membaca ramalam zodiak dan kita kaitkan dengan kehidupan kita akan menghasilkan jawaban yang benar, atau sesuai dengan keadaan dan keinginan kita. Namun tahukan kamu bahwa yang seperti itu benar adanya, cara kerja zodiak memang seperti itu adanya. Sama saja dengan cara kerja ramalan yang disampaikan oleh seorang peramal. Kondisi seperti ini dalam psikologi disebut dengan Barnum Effect atau dikenal juga dengan Forer Effect, mengikuti nama pengembangnya yaitu Bertram R. Forer. Barnum effect merupakan suatu bentuk manipulasi psikologis, dimana kondisi diciptakan seakan-akan suatu kejadian terjadi kepada kita padahal nyatanya kejadian tersebut terjadi kepada setiap orang.

Dalam sebuah jurnal psikologi disebutkan bahwa The Forer effect refers to the tendency of people to rate sets of statements as highly accurate for them personally even though the statements could apply to many people. Psychologist Bertram R. Forer found that people tend to accept vague and general personality descriptions as uniquely applicable to themselves without realizing that the same description could be applied to just about anyone. Dimana Forer Efek mengacu pada kecenderungan orang untuk menilai serangkaian pernyataan sebagai sangat akurat untuk mereka secara pribadi meskipun pernyataan itu dapat berlaku untuk banyak orang. Psikolog Bertram R. Forer menemukan bahwa orang cenderung menerima deskripsi kepribadian yang tidak jelas dan umum sebagai sesuatu yang unik yang dapat diterapkan pada diri mereka sendiri tanpa menyadari bahwa deskripsi yang sama dapat diterapkan pada hampir semua orang.

Pada dasarnya tanpa kita sadari Barnum Efek ini sangat sering terjadi di dalam kehidupan kita, dimana efek ini terjadi saat kita menemukan suatu kondisi yang terjadi dalam kehidupan kita dan kita mengakuinya. Efek ini terjadi ketika orang percaya tentang kondisi yang terjadi pada dirinya sendiri, padahal sebenarnya kondisi tersebut juga terjadi ke banyak orang lainnya. Hal tersebut kemudian yang menjadikan banyak orang-orang percaya dengan ramalam horoskop, grafologi, tarot serta ramalan-ramalam lainnya. Karena ketika si peramal membacakan kondisinya dan ternyata cocok dengan kondisinya saat ini, dan kemudian dia merasa “jawabannya gue banget”. Terlebih lagi rasanya memang sangat manusiawi jika kita akan cenderung mendengarkan hal-hal yang ingin kita dengarkan.

Namun apakah salah ketika seseorang mempercayai ramalan zodiak? Menurut saya ya tidak ada salahnya juga selama hal tersebut tidak menggangu atau merugikan pihak lain. Bahkan ketika ramalan zodiak justru akan menjadikan seseorang menjadi semangat dan sukses menjalani kehiudpan ya kenapa tidak kan? Tapi ketika ramalan zodiak justru memberika efek negatif bahkan sampai mengganggu, ya menurut saya hal tersebut baiknya dihindari.

 

Summer: https://www.ijmra.us/project%20doc/2018/IJRSS_APRIL2018/IJMRA-13605.pdf

You may also like...

1 Response

  1. Febi berkata:

    Setuju..
    Zodiak enak buat hiburan, tp ga perlu diambil hati..hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.